Mengoptimalkan Pengelolaan E-Kinerja Tenaga Pendidik melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Diklat Pembelajaran 2024

“Strategi Efektif untuk Mengoptimalkan Pengelolaan E-Kinerja Tenaga Pendidik dan Aksi Nyata melalui Bedah Tuntas Platform Merdeka Mengajar (PMM)”

Diklat Pembelajaran 2024 merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia (HMP-PK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Pada kesempatan kali ini, HMP-PK FMIPA Unesa menyelenggarakan kegiatan Diklat Pembelajaran 2024 secara online melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan ini diikuti oleh 135 peserta yang terdiri dari guru SMP, SMA, dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Tentu saja, pencapaian ini merupakan hasil upaya maksimal yang dilakukan oleh panitia sejak persiapan hingga pelaksanaan acara. Semua anggota panitia menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi dalam memublikasikan kegiatan ini. Pada tahun ini, Diklat Pembelajaran mengusung tema “Strategi Efektif untuk Mengoptimalkan Pengelolaan E-Kinerja Tenaga Pendidik dan Aksi Nyata melalui Bedah Tuntas Platform Merdeka Mengajar (PMM)”. Kegiatan ini merupakan serangkaian proses untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik maupun calon tenaga pendidik mengenai platform merdeka mengajar dengan tujuan mengembangkan strategi efektif yang dapat mengoptimalkan tenaga pendidik dalam mengelola e-kinerja yang lebih optimal.

Rangkaian kegiatan Diklat Pembelajaran 2024 dimulai dari pendaftaran, yaitu pada Minggu, 09 Juni–Sabtu, 24 Agustus 2024, dan pelaksanaan acara pada Minggu, 25 Agustus 2024. Kemudian penugasan pada Senin, 26 Agustus–Minggu, 01 September 2024, serta proses review pada Senin, 02 September–Minggu, 08 September 2024. Pada kegiatan Diklat Pembelajaran 2024 ini, Bapak Rian Muhamad Fitriyatna, S.Stat. selaku Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek yang menjadi keynote speaker. Tidak hanya itu, Ibu Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd., selaku dosen Pendidikan Kimia FMIPA Unesa dan Bapak Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd., selaku dosen Teknologi Pendidikan FIP Unesa yang menjadi reviewer dalam kegiatan Diklat Pembelajaran 2024.

Pelaksanaan acara dimulai dengan pembacaan tata tertib Diklat Pembelajaran 2024 yang dibacakan oleh Master of Ceremony (MC) pada pukul 07.31 WIB dengan menggunakan platform aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui streaming Youtube. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC pada pukul 07.34 WIB, kemudian pada pukul 07.37 WIB menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Unesa. Selanjutnya penyampaian sambutan dari ketua pelaksana, Dosen Pembimbing Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan Wakil Dekan bidang I FMIPA Unesa. Penyampaian materi Diklat Pembelajaran ini mengenai Strategi Efektif untuk Mengoptimalkan Pengelolaan E-Kinerja Tenaga Pendidik dan Aksi Nyata melalui Bedah Tuntas Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak Rian Muhammad Fitriyatna menjelaskan bagaimana pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah dengan PMM. PMM dapat di download semua orang namun ada beberapa fitur yang hanya bisa dibuka dengan akun belajar.id. Untuk cara mengakses bisa dengan download aplikasi ataupun melalui url. Terdapat 12 menu utama PMM yang dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan fungsinya masing-masing, yaitu fungsi mengajar untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, fungsi belajar untuk pengembangan potensi guru dan fungsi berkarya untuk mencari dan berbagi informasi. Banyak perspektif yang dapat dilihat dari berbagai sisi, jika dari perspektif Kementerian PAN-RB bagi pegawai sebagai alat merencanakan, melaksanakan, dan meningkatkan kinerja sesuai ekspektasi pimpinan. Bagi pimpinan sebagai alat untuk mengelola kinerja pegawai secara individu dan kolektif agar bisa berdaya mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Kemudian bagi pemerintah daerah sebagai alat dalam mengelola kinerja seluruh unit untuk mencapai tujuan dan sasaran pemerintah daerah. Beliau juga menyebutkan bahwa pengelolaan kinerja sebagai pembelajaran adalah arah transformasi.

Ibu Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd. selaku reviewer dalam kegiatan Diklat Pembelajaran 2024 menjelaskan tentang penugasan, dimana peserta diminta untuk membuat Rencana Hasil Kerja (RHK). Karena ini sebagai hasil telah mengikuti Diklat Pembelajaran 2024. Pengisian RHK sesuai dengan sekolah masing-masing bagi peserta guru SMP maupun SMA. Maka pengisian pada hasil kerja, variabel praktik kinerja, variabel pengembangan kompetensi tidak mengikat. Bagi peserta mahasiswa, berhubung belum bekerja di sekolah-sekolah. Alangkah baiknya, belajar membuat rencana hasil kerja yang akan dilakukan ketika terjun di masyarakat sebagai seorang guru.

Bapak Dr. Fajar Arianto, M.Pd. selaku reviewer memberi masukan yang terkait dengan variabel praktik kinerja sebenarnya untuk guru dan kepala sekolah memang difokuskan untuk tidak terlalu memberatkan guru. Kita tidak perlu memilih terlalu banyak variabel yang perlu ditingkatkan, jadi cukup satu saja yang dipilih yang berdasarkan dari rapor pendidikan agar bisa fokus dalam satu periode. Sebenarnya untuk kompetensi guru dan kepala sekolah juga tidak perlu terlalu banyak agar manajemen waktu saat mengajar tidak terganggu.

Materi yang disampaikan sangat menarik sehingga membuat peserta berefleksi dengan adanya diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan pemateri pada pukul 09.39 WIB. Setelah dilakukan sesi materi, kemudian pada pukul 10.04 WIB kegiatan dilanjutkan dengan sesi pelatihan. Setelah kegiatan pelatihan berakhir, kemudian memasuki sesi presentasi dan evaluasi pada pukul 10.47 WIB. Pada sesi presentasi dan evaluasi ini para peserta menyampaikan hasil kerja yang telah ditugaskan. Presentasi dilakukan oleh beberapa peserta. Dengan adanya sesi presentasi ini tenaga pendidik dapat mengetahui kekurangan mengenai penugasan yang telah dikerjakan melalui masukan-masukan dari pemateri. Serangkaian kegiatan Diklat Pembelajaran 2024 didokumentasikan dengan baik, sesi dokumentasi dilakukan pada pukul 11.02 WIB. Pada acara Diklat Pembelajaran ini juga terdapat penyampaian beberapa informasi dari panitia mengenai kegiatan Olimpiade Kimia (OLKIM) Unesa yang dilakukan pada pukul 11.05 WIB. Dilanjutkan oleh pengumuman dan penugasan pada pukul 11.07 WIB. Dan kegiatan ini ditutup dengan doa pada pukul 11.09 WIB dan berakhir pada pukul 11.10 WIB.

Selama acara berlangsung tidak terdapat kendala yang menggangu jalannya acara. Harapan kedepannya, kegiatan Diklat Pembelajaran 2024 selanjutnya dapat menjadi mengoptimalkan pengelolaan E-Kinerja tenaga pendidik dengan menggunakan PMM yang efektif dan interaktif.

Home
News
Contact
Search