[HMP KIMIA FMIPA UNESA] PERSONAL BRANDING EXCELLENCE FOR ASPIRING YOUNG PROFESSIONALS WITH WEBRAIND 2024

Pada hari Minggu, 20 Oktober 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya (HMP Kimia FMIPA Unesa) menyelenggarakan kegiatan Webinar Personal Branding (WEBRAIND) 2024. Kegiatan ini diketuai oleh Ferlistya Nabila Putri dari angkatan 2023. WEBRAIND 2024 merupakan program kerja baru yang diinisiasi oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa periode 2024.

WEBRAIND 2024 mengusung tema “Personal Branding Excellence For Aspiring Young Professionals with WEBRAIND 2024”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai pentingnya personal branding, memberikan strategi membangun citra diri yang autentik, membekali peserta dengan keterampilan analisis audiens, serta membangun jejaring antara peserta dengan pemateri. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini diikuti oleh 112 peserta, terdiri dari siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Gambar 1. Penyampaian Materi Personal Branding

Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 08.00 WIB. Setelah itu, para peserta memasuki ruang Zoom Meeting yang telah disediakan. Acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan pengenalan moderator. Pemateri utama kegiatan WEBRAIND 2024 yaitu Pramesti Istindari, ST, M.Eng., Ph.D. (CEO PT Delchi Boga Rasa) kemudian menyampaikan materi terkait personal branding. Dalam sesi ini, beliau membahas pentingnya membangun citra diri yang positif dan selaras dengan nilai-nilai personal serta profesional.

Sesi tanya jawab menjadi salah satu bagian yang paling interaktif dalam kegiatan ini. Beberapa peserta yang memberikan pertanyaan menarik antara lain Fadila, yang menanyakan cara memilah masukan orang lain terkait personal branding; Leni, yang bertanya tentang cara mengatasi kesenjangan citra diri; Susanti Linuwih, yang menanyakan metode menganalisis target audiens; dan Pradita Galuh, yang bertanya tentang menyelaraskan tindakan online dan offline dengan nilai fundamental personal branding. Setelah sesi tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan kuis untuk menguji pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan. Penghargaan diberikan kepada Nanda Dwi Ariya sebagai pemenang kuis dan Susanti Linuwih sebagai peserta teraktif.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan baru mengenai pentingnya personal branding dalam dunia modern tetapi juga memperluas relasi peserta dengan berbagai pihak. Pemateri menekankan bahwa personal branding harus selaras dengan jati diri dan tujuan profesional, serta mampu menyesuaikan dengan audiens yang dituju.

Home
News
Contact
Search